Tips Mudah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Maksimal


Memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit tentunya merupakan impian semua orang. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar, Anda bisa melakukan semua aktivitas dengan penuh semangat dan ceria. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga kekebalan tetap terjaga.

Tips Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 Dalam rangka untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memulainya dengan mengubah gaya hidup sehat, mengurangi merokok, hingga menghindari hal – hal yang bisa mengancam kesehatan. Untuk membantu Anda dalam meningkatkan daya tubuh ikuti tips -  tips berikut ini.

      1.    Mengelola Stress

 Salah satu penyebab mengapa seseorang mudah terkena penyakit adalah stress atau depresi yang tidak bisa dikelola dengan baik. Ada banyak hal yang menyebabkan stress, mulai dari pekerjaan yang menggunung hingga permasalahanyang tidak selesai dan hanya di pendam sendiri.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda agar bisa mengelola stress dengan baik. Jika Anda tidak bisa mengelola emosi dengan baik maka tentunya akan berdampak pada tubuh Anda sendiri yaitu turunnya daya tahan tubuh.

Agar Anda terhindar dari stress ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Ketika Anda mulai merasa stress, Anda bisa mengubah layout kamar dengan pemandangan yang baru. Anda juga bisa mengajak teman untuk shopping atau travelling ke suatu obyek wisata alam sehingga pikiran bisa menjadi segar. Langkah terakhir yaitu Anda bisa mengikuti program meditasi, yoga, atau senam tai chi.

      2.    Diet Sehat

Banyak perempuan yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan namun cara yang digunakan justru membahayakan tubuh. Hal ini dikarenaka pola diet yang salah. Diet yang benar yaitu dengan meningkatkan konsumsi buah – buahan dan sayuran serta mengurangi konsumsi lemak jenuh misalnya fasfood dan daging. Bukan dengan mengurangi asupan makan secara keseluruhan.

Untuk tambahan diet, Anda bisa mengkonsumsi omega 3 yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan laut, labu, susu, kenari, dan telur. Anda juga harus rajin mengkonsumsi air putih agar toksin dalam tubuh bisa dikeluarkan secara keseluruhan.

      3.    Tidur

 Bagi Anda yang sering begadang pastinya akan mudah mengantuk di siang hari serta mengalami radang di tenggorokan. Ketika tidur, tubuh akan mengalami regenerasi sel – sel serta membentuk anti  bodi yang berguna untuk mencegah masuknya penyakit.

Namun ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka sistem imunitas Anda akan langsung turun dan peluang anda terkena penyakit semakin besar. Anda pun juga bisa terkena gejala insomnia, terserang flu dan pusing, dan lebih parahnya akan terkena penyakit jantung dan diabetes.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga pola tidur. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa yaitu 8 samapi 9 jam per hari sedangkan untuk anak kecil sekiatr 10 sampai 12 jam per hari.

      4.    Olahraga

 Seperti yang dijelaskan pada artikel yang sebelumnya, jika olehraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh termasuk fisik tubuh seseorang. Berolahraga secara rutin setiap harinya akan membuat sel darah putih di dalam tubuh lebih aktif sehingga akan lebih efektif dalam mencegah virus dan infeksi yang masuk ke tubuh.

Banyak olahraga yang bisa Anda coba, namun demikian jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh itu sendiri. Oleh karena itu Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda minimal 30 menit sehari.

      5.    Hindari Rokok Dan Alkohol

 Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah menghindari rokok dan alkohol. Kedua kebiasaan ini merupakan gaya hidup yang tidak sehat dan bisa menurunkan kekebalan tubuh secara cepat. Apalagi di dalam rokok yang memiliki banyak zat kimia dan ternyata tidak hanya menurunkan daya tahan melainkan juga menimbulkan penyakit berbahaya yang lain yaitu penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai meningalkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Itulah diatas beragam tips guna meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat