Sederet Penyakit yang Sering Menyerang Daya Tahan Tubuh


Memilik daya tahan tubuh yang redah tentunya menjadi suatu masalah tersendiri. Daya tahan tubuh yang rendah akan berakibat fatal karena bisa menyebabkan imunitas di dalam tubuh tidak bekerja secara normal. Dalam beberapa kasus, imunitas yang rendah akan bersikap aneh dan menyerang diri sendiri seolah – olah tubuhnya adalah penyakit. Hal ini sering disebut sebagai autoimun.
  

Penyakit yang Sering Menyerang Daya Tahan Tubuh

 Penyakit autoimun sendiri sangat terkenal di kalangan medis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, autoimun disebabkan oleh daya tahan tubuh yang rendah sehingga sistem kekebalan akan bergerak secara tidak normal dan balik menyerang tubuh Anda sendiri. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh autoimun ini sendiri dan bisa mempengaruhi bagian organ tubuh yang lain. Apa sajakah penyakit tersebut ?


       1.    Lupus

 Penyakit ini cukup terkenal di tahun 90 an. Penyakit lupus bisa membuat antibodi berkembang dengan pesat sehingga bisa menyerang daya tahan tubuh yang lemah. Lupus ini pun termasuk penyakit yang berbahaya karena bisa menyerang beberapa bagain tubuh sekaligus.

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang bisa terkena lupus. Ketika Anda mengkonsumsi suatu obat – obatan tertentu, terlalu banyak terkena sinar matahari, serta perubahan hormon dan faktor genetika. Untuk mencegah penyakit lupus ini Anda harus meningkatkan daya tahan tubuh melalui pola hidup sehat seperti berolahraga, minum air putih yang banyak, serta makan makanan yang bergizi. Anda juga bisa menggunakan tabir surya dan kacamata hitam untuk menghindari sinar matahari berlebihan.

b    2.    Vitiligo

 Nama penyakit ini memang jarang di dengar oleh masyarakat jaman sekarang karena memang jarang terjadi. Vitiligo ditandai dengan adanya bercak – bercak putih yang muncul di permukaan kulit. Penyakit ini bisa menyerang semua usia namun dari laporan yang sudah ada kebanyakan remaja usia 20 tahun yang terkena penyakit Vitiligo ini.

Ada banyak hal mengapa seseorang bisa terkena Vitiligo ini. Misalnya saja karena penggunaan bahan kosmetik yang berlebihan, kulit sering terkena sinar matahari dan pernah mengalami luka bakar, hingga adanya parasit yang menyerang kulit. Bercak – bercak putih pada kulit ini memang tidak sakit atau pun menyebabkan ruam namun bercak tersebut bisa saja gatal sehingga tidak menyebabkan rasa  ketidaknyamanan.

Agar Anda bisa terhindar dari penyakit autoimun yang satu ini, Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, vitamin E, vitamin B12, dan asam folat agar daya tahan tubuh Anda meningkat. Anda pun juga harus menggunakan pelindung jika tidak ingin terkena paparan matahari langsung.

      3.    Diabetes ( tipe 1 )

 Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena pankreas yang tidak bisa memproduksi zat insulin secara normal. Hal ini akan menyebabkan kekebalan tubuh yang rendah akan balik menyerang pankreas karena tidak bisa memproduksi insulin secara benar. Insulin ini merupakan salah satu zat yang bertugas untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Agar Anda bisa mengatasi resiko diabetes tipe 1 ini Anda harus bisa mengatur konsumsi gula sejak dini. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menghindari konsumsi susu sapi pada anak dan menggantikannya dengan susu ASI eksklusive dari ibu untk jangak waktu yang lama.

      4.    Scleroderma

 Banyak yang mengira jika scleroderma ini mirip dengan kapalan. Memang sekilas nampak mirip, namun Scleroderma agak berbeda. Scleroderma  merupakan penyakit yang menyebabkan kulit menjadi tebal dan keras serta sering terjadi di kaki, tangan, wajah, bahkan organ dalam.


Untuk menghindari penebalan kulit ini Anda bisa menggunakan obat yang mampu menghambat produksi agiotensin dan mengurangi resiko komplikasi pada kulit yang mengeras serta menggunakan obat anti inflamasi.

       5.    Psoriasis

 Penyakit yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Perlu diketahui, psoriasis merupakan penyakit yang seringkali menyerang kulit. Penyakit tersebut ditandai dengan gejala perih serta gatal di bagian kulit kepala, punggung bawah, dan lutut. Peluang terjadi di bagian lain juga cukup besar.

Untuk mengurangi resiko Psoriasis Anda bisa mencoba mengkonsumsi minyak ikan secara rutin serta menggunakan pelembab agar kulit tidak menjadi kering. Apabila Anda memiliki luka maka Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk menghindari komplikasi serius pada kulit.

Semoga dengan mengetahui informasi tentang penyakit yang sering menyerang daya tahan tubuh diatas, anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat