Lakukan Latihan Ini Agar Terbebas dari Mata Minus

Mata minus adalah sebuah keadaan di mana penderitanya mengalami kesulitan untuk melihat berbagai objek yang jaraknya jauh. Tidak hanya dialami orang dewasa, mata minus juga menyerang remaja bahkan hingga anak-anak.

Bagi anda yang sedang mencari cara menyembuhkan mata minus supaya tidak terus-terusan ketergantungan dengan kacamata ataupun softlens, selamat anda sedang membaca artikel yang tepat. Nah, berikut telah kami rangkum beragam latihan mudah dan sederhana yang terbukti ampuh untuk mengurangi bahkan menyembuhkan mata minus. Mau tahu?

Latihan untuk Membantu Mengurangi Mata Minus

1.    Melatih Fokus Penglihatan

Untuk latihan yang pertama ini, caranya adalah anda hanya perlu duduk dalam posisi yang comfortable (nyaman). Lalu tempatkan telunjuk anda sekitar 10 cm dari hidung. Tahan sebentar, kemudian fokuskan pandangan pada telunjuk tersebut.

Tahan selama beberapa detik, lalu alihkan fokus anda pada objek yang jauh di belakang telunjuk. Lemparkan kembali pandangan anda pada telunjuk, tapi dengan cara meliriknya bukan dengan menggeserkan kepala.

Ulangi latihan pertama ini 10 hingga 15 kali per hari maka minus mata anda akan berangsur-angsur berkurang dan penglihatan pun menjadi lebih tajam

2.    Senam mata

Untuk tetap menjaga kelenturan mata, maka senam mata juga sangat baik untuk anda lakukan. Cara melakukan senam mata sangatlah mudah. Anda  hanya perlu menggoyangkan.melirikkan mata ke kiri lalu ke kanan. Setelah ituberputar dan berkediplahsebanyak 100 kali. Lakukan selalu senam mata ini setiap hari. Fungsinya adalah untuk membersihkan, serta melumasi biji mata anda.

3.    Ganti Objek Pandangan

Terlalu lama menatap suatu objek tertentu nyatanya sangat tidaklah baik untuk mata. Karena hal tersebut akan membuat mata anda kaku juga mengalami ketegangan. Misalnya ketika anda sedang bekerja di depan komputer atau memainkan ponsel,  cobalah sesekali alihkan mata anda pada objek yang lain yang ada sekitar.

Terlebih lagi jika memungkinkan, carilah objek yang berwarna hijau seperti pepohonan, karena objek berwarna hijau diyakini dapat membantu mata anda menjadi lebih segar kembali.

4.    Berjemur Mata di Pagi Hari

Tak hanya badan, tetapi sesekali mata anda juga perlu untuk berjemur pada pagi hari. Kenapa harus pagi hari? Karena, jika dilakukan pada pagi hari, maka asupan vitamin D yang dibutuhkan mata, bisa didapatkan secara maksimal.

Untuk memanjakan mata melalui berjemur, caranya mudah, anda hanya perlu menutup kedua mata anda dan arahkan pada sinar matahari. Tahan, sampai bola mata anda terasa lebih hangat. Lakukan langkah ini secara rutin. Anda bisa melakukannya selama 1-2 menit setiap harinya.

5.    Fokus Pada Warna yang Berbeda

Untuk mempertajam fokus anda pada warna tertentu, anda bisa memilih satu warna yang berbeda setiap harinya. Misalnya hari ini anda pilih warna biru, maka carilah objek apapun yang berwarna biru selama hari itu.

Keesokannya, kemudian gantilah dengan warna yang lain. Dijamin tingkat fokus anda pada berbagai warna akan semakin meningkat dan mata minus anda pun akan berangsur-angsur berkurang.

6.    Jangan Terlalu Sering Memakai Kacamata dan Softlens

Kacamata dan softlens khusus (untuk mata minus) memang akan membantu mempertajam penglihatan, bagi anda penderita mata minus maupun silinder. Namun begitu, sebaiknya jangan terlalu bergantung atau memakainya selama seharian penuh. Karena hal ini justru membuat otot mata anda kian bertambah kaku, karena selalu fokus pada pusat lensa.

7.    Latih Mata untuk Melihat Benda Bergerak

Mata minus juga dapat dikurangi dengan melihat benda-benda yang bergerak di sekeliling anda. Seperti dengan cara melihat kendaraan yang berlalu lalang di sekitar rumah atau di Jalan Raya. Luangkan waktu untuk melakukan hal ini selama beberapa menit setiap hari.

Pada awalnya mungkin anda akan merasa pusing karena tidak terbiasa, Akan tetapi jika anda sering melakukannya, maka pusing tersebut pun akan perlahan menghilang. Cara ini terbukti ampuh untuk melatih otot mata anda agar tidak kaku dan tetap lentur.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara menyembuhkan mata minus dengan latihan-latihan sederhana. Lakukan seluruh tips di atas secara telaten, maka dijamin mata minus anda akan berkurang secara perlahan.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat