Cara Ampuh Agar Mata Terlindungi dari Bahaya Radiasi Komputer

Di era globalisasi ini, hampir setiap hari kita menghabiskan waktu bermain dengan handphone atau beragam gadged. Terlebih lagi, bagi para pekerja kantoran yang dalam pekerjaanya berkutat dengan data-data atau beragam file, pastinya komputer adalah senjata wajib yang harus disanding setiap hari.

Walaupun komputer memudahkan seseorang dalam menyelesaikan berbagai pekerjaanya, dampak dari radiasi komputer benar-benar sangat berbahaya dan sangat serius mengancam kesehatan mata. Dan sinar biru dari komputer inilah yang merupakan salah satu pemicu yang mengakibatkan meningkatnya penderita mata minus di Indonesia.

Lantas apakah ada cara supaya terhindar dari bahaya radiasi komputer? Tenang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya radiasi komputer tersebut. Nah, berikut penjelasan lengkapnya.

Tips Ampuh Supaya Terhindar dari Radiasi Komputer

1.    Aturlah Jarak Pandang

Di zaman sekarang, hampir semua aktivitas mewajibkan anda untuk mengerjakannya di komputer. Nah, idealnya ketika anda menggunakan komputer aturlah jarak pandang anda. Jangan terlalu dekat, dan jangan juga terlalu jauh. Usahakan untuk tetap seimbang antara jarak mata anda dengan computer.

Jarak pandang yang tidak seimbang akan membuat mata dan persendian anda mengalami banyak gangguan, seperti sakit leher dan bahu, serta mata kering maupunperih.

2.    Gunakan Alarm

Terus menerus menyelesaikan banyak pekerjaan di komputer seringkalimembuat banyak orang lupamenggerakan anggotatubuhnya. Dan ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan. Oleh karananya, coba luangkan sedikit waktu anda untuk sesekali menggerakkan anggota tubuh, entah itu kaki, badan, dan lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan meregangkan otot- otot yang kaku.

Supaya anda tidak lupa dalam menggerakkan tubuh, pasang alarm setiap satu jam atau dua jam sekali dengan memanfaatkankomputer atau ponsel anda. Tak harus dengan gerakan yang melelahkan kok, lakukan yang simpel saja, seperti misalnya mengelilingi ruangan kerja, menuruni tangga, jalan di tempat, dan lainnya.

3.    AturlahTampilan Layar yang Pas

Aturlah besar kecilnya tampilan huruf pada layar komputer. Usahakan jangan terlalu kecil, juga jangan terlalu besar, karena hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan sakit kepala.  

4.    Jangan Lupa untuk Berkedip

Anda yang bekerja dengan jangka waktu yang lama di depan komputer, pasti sering lupa dengan yang namanya berkedip,karena terlalu fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Maka dari itu, jangan lupa untuk berkedip agar terhindar dari risiko gangguan mata. Selain itu menutup mata sejenak selama beberapa detik, juga sangat bermanfaat untuk mengistirahatkan mata dari ketegangan.

5.    AturBrightness Layar

Cara menghindari bahaya radiasi komputer berikutnya adalah dengan mengatur brightness layar komputer. Akan tetapi sebelum anda memutuskan untuk menetapkan kecerahan layar komputer yang pas, cobalah periksa terlebih dahulu kondisi pencahayaan ruang kerja anda. Cahaya yang terlalu redup atau cerah berlebihan, bisa menyebabkan mata anda mengalami ketegangan yang pada akhirnya menjadi sangat lelah.

Aturlah kondisi ideal pencahayaan ruangan sehingga mata bisa bekerja tanpa merasa lelah dan tegang lagi. Kemudian turunkan brightnesspada pengaturan komputer.

Jangan mengaturnya pada tingkat yang terlalu cerah karena bisa membuat mata anda berair dan sakit. Selain itu risiko yang diakibatkan oleh sinar biru karena layar terlalu cerah 2x lebih berbahaya menyebabkan mata minus.

6.    Konsumsi Vitamin Mata

Cara selanjutnya yang bisa membantu anda untuk terhindar dari radiasi komputer adalah dengan rajin mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Maka dari itu konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran yang baik bagi kesehatan mata setiap harinya, terutama yang banyak mengandung vitamin A. Sehingga mata anda tetap dalam kondisi yang normal dan segar, serta terhindar dari berbagai penyakit mata.

7.    Gunakan Pelindung Mata

Demi menjawab permintaan konsumen akan pentingnya perlindungan terhadap bahaya radiasi komputer, banyak, loh, pelindung mata yang dijual bebas dipasaran dan terbukti ampuh untuk melindungi dari sinar biru. Pelindung mata tersebut ada dalam bentuk kaca mata khusus, bahkan aplikasi.

Menyinggung soal aplikasi, banyak aplikasi komputer untuk melindungi mata anda. Aplikasinya sendiri dapat dengan mudah anda download di internet. Fungsi aplikasi tersebut adalah untuk mengurangi sinar biru yang berbahaya dari komputer.


Nah, itulah diatas beberapa cara menghindari bahaya radiasi komputer yang bisa anda coba. Semoga setelah membaca artikel ini anda menjadi lebih bijak ketika beraktivitas menggunakan komputer. 

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat