Beragam Hal yang Menyebabkan Daya Tahan Tubuh Menurun

Pastinya sudah tak asing kan dengan  istilah daya tahan tubuh? Diberbagai kesempatan, kita sering mendengar istilah ini disebut. Perlu diketahui, yang dimaksud daya tahan tubuh ialah kemampuan tubuh untuk membasmi semua hal yang masuk ke tubuh agar tidak menimbulkan penyakit. Jadi, bisa dipastikan bila Anda memiliki daya tahan yang baik maka Anda tidak akan mudah terkena penyakit.

Hal-Hal yang Menyebabkan Daya Tahan Tubuh Seseorang Menurun

Beragam Hal yang Menyebabkan Daya Tahan Tubuh Menurun

Tanpa Anda sadari ternyata ada begitu banyak kebiasaan yang bisa menyebabkan daya tahan menurun. Pola hidup yang Anda miliki dapat mempengaruhi seberapa bagus sistem imunitas dasanda melindungi tubuh dari beragam ancaman, baik itu virus atau lainnya.  benda asing yang masuk ke tubuh, oleh karena ada baiknya Anda mengetahui berbagai macam hal – hal yang menyebabkan daya tahan menurun.

1.    Merokok
 

Salah satu kebiasaan buruk yang sudah pasti bisa menurunkan daya tahan tubuh adalah kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dan zat – zat kimia lain yang terkandung di dalam tubuh akan membuat proses peredaran darah di tubuh tidak normal sehingga tubuh akan terganggu. Selain itu, kandungan nikotin juga akan meningkatkan produksi kortisol dan mengurang produksi antibodi untuk melawan virus asing.

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan berbagai penyakit yang serius, mulai dar batuk, infeksi paru – paru, TBC, kanker paru – paru, impotensi, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengurangi kebiasaan merokok.

2.    Stress
 

Menurut studi yang sudah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi di luar negeri menyebutkan jika stress yang berlebihan akan membuat kondisi pikiran dan tubuh tidak stabil sehingga mengganggu kinerja tubuh. Salah satunya yaitu produksi hormon kortisol yang berfungsi memproduksi antibodi.

Penyebab stress yang bermacam – macam juga bisa menyebabkan kadar stress yang berbeda – beda pula serta cara penanganan yang berbeda. Agar Anda terhindar dari stress ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Ketika Anda mulai merasa stress, Anda bisa mengubah layout kamar dengan pemandangan yang baru.

 Anda juga bisa mengajak teman Anda untuk shopping atau travelling ke suatu obyek wisata alam sehingga pikiran bisa menjadi segar. Langkah terakhir yaitu Anda bisa mengikuti program meditasi, yoga, atau senam tai chi.

3.    Terlalu Banyak Mengkosumsi Garam dan Gula Namun Kurang Mengkonsumsi Buah –              Buahan serta Sayuran
 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh akademi di Amerika menyebutkan bahwa salah satu penyebab terbesar mengapa daya tahan tubuh seseorang turun drastis adalah karena konsumsi lemak jenuh berlebihan. Di dalam lemak jenuh terdapat banyak sekali kandungan garam dan gula yang bisa mengganggu imunitas.

Terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh setiap hari dan tidak diimbangi dengan mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran juga tidak baik. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi buah dan syur mulai sekarang, terutama makanan yang mengandung vitamin C dan E, serta zat antioksidan. Anda bisa mengkonsumsi buah pepaya, semangka, lemon, jeruk, kiwi, hingga bawang putih.

4.    Jarang Bergerak
 

Penyebab menurunya daya tahan tubuh yang selanjutnya yaitu tidak banyak begerak. Bagi Anda yang bekerja di kantor maka tentunya gerak sangat sedikit karena terlalu banyak duduk dan menatap layar komputer. Jarang bergerak juga bisa disebabkan karena jarang berolahraga dan gemar bermain gadget.

Kebiasaan ini akan membuat Anda mudah terkena berbagai penyakit, dari batuk, pilek, meriang, radang tenggorokan, dan lainnya. Agar kondisi tubuh selalu baik maka biasakan tubuh Anda untuk bergerak aktif. Karena dengan tubuh yang aktif bergerak maka tubuh akan semakin kuat dan otot semakin aktif.

5.    Kurang Tidur

Memiliki aktivitas harian yang sangat sibuk ternyata juga tidak bagus untuk kesehatan  tubuh. Hal ini dapat menyebabkan Anda kurang tidur karena kesibukan yang selalu membayangi. Jika Anda kurang waktu tidur, maka tubuh akan terkena dampak yang tidak kecil.

Selain mudah terkena stress, Anda juga bisa terkena penyakit batuk, pilek, meriang, radang tenggorokan, dan lainnya. Kurang waktu tidur juga akan menyebabkan produksi hormon yang mengatur tingkat stress semakin menurun sehingga daya tahan tubuh terus turun. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengatur aktivitas sehari – hari dan mengatur pola tidur yang ideal.

Nah, itulah diatas beragam hal yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Pastikan untuk menghindari hal buruk diatas guna mendapatkan tubuh yang sehat serta selalu prima.


Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat