Beragam Jenis Makanan yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pernakah Anda mendengar pepatah, ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’? Dari paribahasa tersebut dapat di simpulkan jika kita memiliki tubuh yang kuat dalam artian tidak mudah terkena penyakit maka kita akan selalu sehat dan bisa melakukan aktivitas secara normal/maksimal. Untuk itulah, kenapa sangat penting meningkatkan daya tahan tubuh, supaya tidak mudah terkena penyakit.


Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menerapkan gaya hidup sehat, asupan makanan yang tepat juga penting untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat. Nah, berikut sederet makanan yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

      1.    Bawang Putih

Banyak yang menghindari makanan ini karena baunya yang menyengat. Namun tahukah Anda jika bawang putih banyak mengandung zat sulfur dengan konsentrasi yang tinggi yaitu Allicin, di mana Allicin ini bisa membunuh bakteri dan infeksi di dalam tubuh.

Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi bawang putih dari sekarang. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan atau dijadikan sambal. Dengan cara ini Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami sekaligus bisa membuat nafsu makan meningkat.

      2.    Daging

Jika Anda takut mengkonsumsi daging karena takut badan menjadi gemuk, maka mulai sekarang buang jauh-jauh keyakinan tersebut. Nyatanya, asal dikonsumsi dalam porsi yang wajar, daging sangat bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan zink di dalam daging memiliki kemampuan yang bagus dalam memproduksi sel darah putih. Nantinya sel darah putih ini berfungsi untuk melawan virus asing yang masuk ke tubuh Anda
.

     3.    Telur

Mengkonsumsi telur sebagai makanan sehari – hari ternyata juga bisa untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di dalam telur terkandung beberapa vitamin seperti vitamin B dan vitamin B- kompleks. Kedua vitamin ini memiliki kegunaan untuk membasmi virus asing dan memperlancar sistem peredaran darah. Namun Anda juga harus mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar, karena jika berlebihan, telur kurang baik untuk kesehatan.

     4.    Jamur

Tidak hanya enak dan murah, kandungan jamur juga sangat bagus dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Zat zink yang terkandung di dalam jamur akan membuat sel darah putih lebih aktif sehingga imunitas atau daya tahan tubuh lebih baik.

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi jamur. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan seperti keripik jamur, atau bahkan membuatnya menjadi sop sayur, isian roti, atau bahan salad.

      5.    Pepaya

Buah ini bisa Anda temukan dengan mudah di pekarangan rumah atau pun di pasar buah. ­Warna pepaya yang berwarna jingga merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C, plus zat papain yang memiliki kandungan zat anti inflamasi tinggi. Zat ini sangat bagus untuk meningkatkan daya tubuh Anda.

      6.    Semangka

Buah merah bulat ini juga bisa Anda konsumsi secara rutin. Kandungan airnya yang sangat tinggi bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu buah semangka juga mengandung zat penting yaitu likopen. Zat ini sangat efektif untuk mencegah penyakit yang masuk ke tubuh Anda serta bisa menyembuhkan infeksi yang sedang Anda derita.

      7.    Lemon

Lemon dan buah – buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi merupakan buah yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C tinggi ini akan memperkuat daya tahan tubuh Anda sehingga tubuh akan kuat melawan virus yang masuk, misalnya dari virus flu ataupun batuk.

      8.    Jahe 

Jahe ini sering dikonsumsi saat kedinginan, sakit flu, dan batuk. Namun tahukah Anda, jahe memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan sangat baik untk mencegah penyakit flu dan batuk. Hal ini di karenakan jahe memiliki zat antioksidan tinggi dan mineral yang mampu memperbaiki imunitas tubuh. Jadi, jangan ragu mengkonsumsi jahe secara teratur mulai sekarang.



Beragam makanan diatas diyakini bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, mulai sekarang konsumsi dalam porsi yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Terlebih deretan buah diatas, merupakan buah yang mudah didapat dan harganya pun juga tak terlalu mahal.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat