Lakukan 9 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

Mata adalah salah satu bagian dari panca indera yang penting untuk di jaga. Tanpa mata yang sehat, kita tidak dapat melihat keindahan dunia ini yang begitu menakjubkan. Namun sayangnya, banyak orang yang mengabaikan untuk menjaga kesehatan mata, sehingga baru menjaganya setelah terdapat gangguan pada penglihatan.

Nah, bagi anda yang sedang mencari cara menjaga kesehatan mata yang simple dan tidak ribet, berarti anda sedang membaca artikel yang tepat. Berikut kami berikan tips untuk menjaga kesehatan mata yang paling ampuh dan mudah untuk dilakukan di bawah ini.

9 Cara Menjaga Kesehatan Mata


1.    Cek Mata Secara Rutin

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwasanya banyak orang yang mengabaikan untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pemeriksaan  secara rutin pada dokter mata adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

Kenapa? Karena penurunan kualitas penglihatan dapat terjadi seiring bertambahnya usia, aktivitas aktivitas berat yang dikerjakan, bahkan kebiasaan buruk atau pola hidup yang kurang baik yang biasanya dilakukan oleh kita sehari-hari.

Banyak, loh, penyakit mata yang tidak memiliki peringatan atau tanda-tanda terlebih dahulu sebelumnya. Misalnya seperti penyakit mata diabetes, glaukoma, degenerasi makula dan sebagainya.

Oleh karena itu, mulai sekarang sebelum semuanya terlambat dan hal buruk terjadi pada mata anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter mata secara rutin. Sehingga anda menjadi tahu bagaimana kesehatan mata anda yang sebenarnya dan cara mencegah yang baik dan benar jika memang sudah terdapat gangguan pada penglihatan.

2.    Konsumsi Makanan yang Baik untuk Menutrisi Mata

Buah-buahan dan sayuran hijau tidak hanya bermanfaat bagi orang-orang yang ingin diet dan punya pola hidup sehat saja, akan tetapi juga berguna bagi kesehatan mata.

Berdasarkan banyak penelitian yang sudah dilakukan, beberapa nutrisi misalnya seperti lutein, omega 3 asam lemak, vitamin A dan C, semua nutrisi tersebut dapat mencegah penyakit mata yang diakibatkan oleh usia seperti katarak dan degenerasi makula. Berikut makanan-makanan yang terbukti ampuh menjaga kesehatan mata.

·         Sayur-sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung
·         Buah jeruk. Baik itu yang dapat dimakan langsung ataupun di-jus
·         Ikan tuna, ikan salmon, dan ikan berminyak lainnya. (Ikan yang banyak mengandung asam omega-3 lemak esensial, yang sangat berguna bagi kesehatan makula yang berpengaruh pada penglihatan sentral)
·         Kacang-kacangan, telur, serta sumber protein tinggi lainnya yang termasuk non daging

3.    Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Tahukah anda bahwa memiliki kelebihan berat badan bisa lebih cepat meningkatkan resiko terkena diabetes, loh. Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya jadi lebih mudah terserang penyakit diabetes saja, akan tetapi  kondisi sistemik lainnya juga ikut terancam. Hal tersebut bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan seperti glaukoma, dan penyakit mata diabetes.

Sebuah studi menunjukkan bahwa obesitas juga dapat menyebabkan  penyakit katarak. Sayangnya untuk mekanismenya sendiri masih belum jelas. Jenis katarak yang konsisten selalu dikaitkan dengan obesitas adalah katarak kortikal dan katarak posterior subkapsular.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk selalu menjaga keseimbangan berat badan. Dan mulai dari sekarang, jangan lupa untuk selalu rajin olahraga setiap harinya.

4.    Berhentilah Merokok

Berhenti merokok adalah cara menjaga kesehatan mata berikutnya yang dapat anda lakukan. Perokok aktif mempunyai peluang lebih besar untuk mendapat penyakit katarak lebih tinggi dari generasi makula dan saraf optik, dibanding mereka yang tidak merokok.

Dan risiko tersebut akan semakin bertambah berbahaya seiring semakin lamanya anda menjadi perokok aktif. Menyeramkan, bukan?

Berhenti merokok memang sangat sulit. Terutama bagi anda yang memang sudah sangat ketergantungan setiap harinya. Walaupun demikian, berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Ingatlah, bahwa kebiasan akan terbentuk jika anda melakukan kegiatan yang sama secara rutin selama satu bulan.

Oleh karena itu saran dari kami, cobalah berhenti merokok selama satu bulan, maka dijamin kebiasan merokok anda pasti akan menghilang. Logika dari tips ini sederhana. Anda ketergantungan pada rokok karena mengkonsumsinya setiap hati, nah berarti anda tidak akan ketergantungan lagi pada rokok jika mulai tidak mengkonsumsinya setiap hari. Right?
So, mulai sekarang sayangi mata anda dengan mulai berhenti merokok.

5.    Gunakan Kacamata Hitam

Menggunakan kacamata hitam ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menambah daya tarik seseorang atau style saja, akan tetapi kacamata hitam juga dapat melindungi mata anda dari serangan sinar ultraviolet. Jika anda terlalu sering terkena paparan sinar UV, maka hal itu dapat memungkinkan anda terkena degenerasi makula dan katarak,

Maka dari itu, pilihlah kacamata hitam yang mampu menghalangi setidaknya 99% dari sengatan sinar UVA dan UVB. Terlebih lensa kacamata yang terbuat dari polikarbonat sangat baik untuk digunakan karena mempunyai kekuatan 10 kali lebih baik daripada plastik lainnya.

Anda bisa membeli kacamata hitam dari penyedia perawatan mata seperti yang biasa dijual atau tersedia di toko-toko olahraga.

6.    Selalu Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Mata atau Lensa Kontak

Supaya dapat terhindar dari risiko infeksi, cucilah tangan anda sebelum menyentuh mata atau lensa kontak. Selain itu, pastikan juga untuk selalu mensterilkan lensa kontak seperti yang diperintahkan, serta menggantinya sesuai anjuran dokter.

7.    Istirahatkan Mata

Apabila anda termasuk orang yang sibuk beraktivitas di depan komputer,  pada umumnya anda pasti lupa untuk berkedip Hal inilah yang dapat menyebabkan mata anda bisa mengalami kelelahan.

Menatap layar komputer atau suatu objek tertentu dengan waktu yang lama dapat menimbulkan banyak masalah penglihatan. Diantaranya mata menjadi kering, pandangan yang kabur dan sulit fokus pada pada jarak tertentu, dan ketegangan pada mata

Saran dari kami cobalah setiap 20 menit sekali anda mengalihkan pandangan pada objek lain di sekitar. Jika memungkinkan lihatlah objek yang berwarna hijau, karena objek berwarna hijau diyakini dapat membuat mata seseorang segar kembali. Jangan lupa juga untuk menggerakkan tubuh agar tidak kaku,

8.    Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Sering mengkonsumsi alkohol secara berlebihan pada jangka waktu yang pendek, bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan secara permanen.  Hal ini dikarenakan efek langsung yang ditimbulkan dari alkohol tersebut ke saraf optik.

Tidak hanya itu alkohol juga bisa mempengaruhi penyerapan vitamin dalam hati, seperti vitamin B1, vitamin yg termasuk dibutuhkan supaya bisa mempertahankan penglihatan yang tetap sehat.

Melemahnya penyerapan vitamin dalam hati karena alkohol, bisa mengakibatkan kelumpuhan otot mata. So, jauhilah alkohol.

9.    Tidur yang cukup

Kurangnya istirahat atau kurang tidur juga berbahaya bagi kesehatan mata. Namun, sayangnya tidak banyak orang yang menyadari akan hal ini.

Sebuah penelitian menunjukkan setidaknya bahwa mata membutuhkan istirahat selama 5 jam tidur setiap harinya. Jika mata tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup, maka akan mengalami kelelahan dan tidak dapat bekerja secara optimal pada potensi yang penuh.

Salah satu efek yang paling umum dari kurangnya tidur adalah kejang mata. Efek samping yang paling serius jika kebiasaan tersebut terus dilakukan adalah dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah.


Nah, Itulah diatas beragam cara menjaga kesehatan mata yang sebaiknya anda terapkan. Mudah untuk dilakukan, bukan? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tips berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat