Macam – Macam Latihan Fisik yang Efektif Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Untuk memiliki tubuh yang sehat Anda harus memperbanyak olahraga. Banyak yang mengatakan jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh akan memiliki imunitas atau kekebalan yang kuat untuk mencegah masuknya virus atau penyakit asing ke dalam tubuh. Oleh karena itu, olahraga sangat penting untuk meningkatkan daya fisik tubuh.


 Latihan Fisik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Agar Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal, maka idealnya Anda mencoba beragam latihan fisik secara rutin. Ada banyak latihan fisik yang bisa Anda coba sendiri maupun berkelompok. Bagi Anda yang belum mengetahuinya silakan simak ulasannya di bawah ini.

     1.    Squad Jump

 Latihan fisik yang bisa Anda coba, salah satunya ialah squad jump. Bentuk latihan fisik ini cukup simpel dilakukan bahkan bagi Anda yang masih pemula. Gerakan squad jump sendiri merupakan gabungan dari gerakan squat dan jump atau melompat. Latihan ini bisa Anda lakukan di pagi hari atau sore hari.

Cara melakukan latihan fisik ini sangat mudah. Pertama Anda bisa memulainya dengan berdiri tegak lalu angkat kedua tangan di belakang kepala. Selanjutnya Anda bisa mengangkat salah satu kaki di bagian depan dan tekuk lutut. Anda bisa melompat dan menggunakan kaki yang satunya sebagai tumpuan.

Anda harus ingat jika posisi tubuh harus selalu tegap dan lurus. Pendaratan setelah melompat harus bergantian artinya jika tadinya menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan maka sekarang Anda bisa menggunakan kaki kanan sebagai tumpuan. Lakukan latiha ini berulang kali dan rutin setiap harinya agar tubuh Anda semakin kuat dan daya tahan tubuh semakin meningkat.

      2.    Push Up

 Cara kedua untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan latihan fisik ialah push up. Gerakan fisik yang satu ini sangat terkenal di kalangan anak muda dan militer. Dengan melakukan gerakan push up secara rutin, maka otot lengan ( bisep dan trisep ) akan semakin kuat.

Untuk bisa melakukan gerakan push up, Anda hanya perlu menengkurapkan badan dengan bertumpu pada tangan kanan dan kiri di samping badan. Lakukan gerakan mengangkat badan atau mendorong badan ke atas dan bawah dengan kekuatan tangan.

Biasanya tangan bisa digenggam atau di buka di permukaan tanah. Lakukan gerakan ini secara berulang – ulang dan usahakan badan yang turun tidak menyentuh tangan. Akan lebih baik jika Anda hanya bertumpu pada satu tangan saja sehingga tangan yang lain bisa diletakkan di belakang punggung.

      3.    Gerakan Pull Up

 Agar kondisi tubuh semakin baik, ada baiknya Anda juga melakukan gerakan pull up. Dengan melakukan gerakan ini Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan jika Anda melakukan pull up secara rutin. Gerakan pull up sendiri cukup mudah untuk dilakukan di rumah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekuk kaki hingga menyentuh tumit lalu angkat tubuh beberapa kali hingga otot tubuh bergerak secara sempurna. Anda hanya perlu melakukannya sebanyak satu set saja. Namun semakin sering Anda melakukan latihan ini tubun atau fisik Anda akan semakin baik.

      4.    Jogging

 Latihan fisik yang mudah untuk anda lakukan selanjutnya ialah jogging atau gerakan lain yang mengandung unsur aerobik. Dengan melakukan jogging ini Anda juga akan melatih kekuatan otot kaki, memperlancar pernapasan peredaran darah, serta membuat daya tahan tubuh semakin baik.

Latihan ini bisa Anda lakukan selama 40- 60 menit setiap harinya. Anda hanya perlu berlari santai dalam waktu yang cukup lama tanpa harus merasakan kelelahan yang luar bisasa. Namun jika Anda mampu untuk berlari cepat maka otot kaki akan semakin kencang serta kecepatan lari akan semakin bertambah.

      5.    Gerakan Kelenturan

 Meningkatkan daya tahan tubuh melalui latihan fisik tidak hanya berbicara soal kekuatan namun juga kelenturan tubuh. Dengan melatih kelenturan tubuh, Anda bisa melatih kekuatan tulang dan persendian.

Ada banyak cara untuk melatih kelenturan tubuh yaitu degan gaya lilin, gerakan mencium lutut, dan lain – lainnya. Cara ini cukup fleksibel untuk dilakukan seorang diri di rumah.

Demikian diatas beragam latihan fisik yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Lakukan secara teratur, untuk mendapatkan hasil maksimal.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat