Tips Menghindari Rasa Lapar Menyiksa saat Melakukan Diet


Merasa lapar ketika menjalani diet merupakan hal wajar karena tubuh menerima sedikit kalori dari yang seharusnya. Dan tentunya ini merupakan tantangan tersendiri yang seringkali membuat banyak orang menyerah, dan berhenti menjalani diet.

Namun sebenarnya, ada cara jitu agar bisa menjalani diet tanpa harus mengalami lapar yang menyiksa. Yakni dengan menerapkan beberapa tips kami dibawah ini. Penasaran?



Tips Menghindari Rasa Lapar yang Berlebihan

·       Mengkonsumsi makanan yang membuat kenyang bertahan lama

Perlu diketahui, serat masuk kategori karbohidrat kompleks yang bertahan lama di dalam saluran pencernaan karena serat sulit dicerna. Sama seperti makanan karbohidrat lainnya, serat bisa menghasilkan kalori dan energi, namun tak terlalu banyak dan yang terpenting (memberi efek rasa kenyang yang tahan lama).

Umumnya kandungan kalori yang tinggi dalam makanan berasal dari makanan berlemak yang mempunyai karbohidrat sederhana seperti tepung dan gula. Jadi intinya, agar bisa melakukan diet tanpa rasa lapar menyiksa, kuncinya adalah mengkonsumsi makanan dengan kalori rendah, yang mengandung banyak air serta serat. Nah, berikut adalah contoh makanan dengan kalori rendah tersebut: 

  • Semua produk olahan susu
  • Gandum utuh, seperti pasta gandum, nasi merah,roti gandum, popcorn dan sejenisnya.
  • Sayuran dan buah, seperti apel, bayam, wortel, brokoli, tomat, melon, buah berry, dan masih banyak lagi.
  • Semua jenis kacang-kacangan
  • Daging tanpa lemak seperti lean meat dari ayam hingga daging sapi dan ikan, terutama ikan salmon.
         Di samping serat, mengkonsumsi ikan dan daging juga sangat dianjurkan. Asalkan dalam porsi yang tepat, tidak boleh berlebihan. Sebab daging dan ikan mempunyai kandungan lemak yang terbilang baik. Yakni seperti omega-3, EPA, hingga DHA yang membantu Anda merasa kenyang jauh lebih lama. Selain itu, nutrisi ini pun mempunyai manfaat bagi kesehatan kulit, otak serta jantung.

·        Jangan sampai melewatkan waktu makan, khususnya sarapan

             Menjalani diet dengan melewatkan sarapan pagi, justru membuat Anda cepat terasa lapar dan bisa membuat Anda makan lebih banyak pada siang atau sore harinya. Belum lagi efek buruk yang ditimbulkan jika tidak sarapan pagi, terkait tenaga yang dimiliki dalam menjalani aktivitas harian anda. Faktanya, tanpa sarapan bisa membuat tubuh lemas, dan kurang bersemangat. Sehingga produktivitas kerja sangat menurun.
       
            Biasanya dengan melewatkan waktu makan, seseorang akan sering ngemil sampai waktu makan berikutnya, dan tanpa disadari kebiasaan ini membuat konsumsi kalori total harian menjadi jauh lebih banyak, dibandingkan kalori dari mengkonsumsi makanan berat.

    Tetap makan banyak, namun batasi kalori pada minuman Anda

                Mungkin hal ini tak banyak diketahui oleh mereka yang sedang menjalani diet, namun kenyataannya jumlah kalori dari minuman memang terbilang tinggi, bahkan dapat melebihi kalori total dari makanan berat Anda.
  
              Minuman yang mempunyai rasa manis seperti jus dan sirup dalam kemasan, minuman kemasan yang mengandung susu hingga minuman bersoda, termasuk minuman dengan kalori tinggi. Untuk mengganti minuman tersebut, cobalah meminum jus buah tanpa menggunakan banyak gula, atau lebih bagusnya tanpa gula sama sekali.


           Dan pastinya, mengkonsumsi air putih tetap yang dianjurkan karena tak memiliki gula tambahan. Dengan begitu, Anda tak harus mengurangi jumlah makanan yang terlampau banyak, asal bisa mengurangi konsumsi kalori dengan menghindari minuman manis.

          Nah, mulai sekarang silahkan dicoba beragam tips menghindari rasa lapar menyiksa saat diet, seperti yang kami jelaskan diatas. Dijamin anda akan mendapatkan tubuh ideal dengan cara yang lebih mudah.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat