Tips Jitu Mengatasi Kelebihan Berat badan Selama Kehamilan


Saat sedang mengandung, ibu hamil umumnya akan makan dengan porsi jauh lebih banyak, dengan harapan nutrisi yang masuk bukan hanya untuk kebutuhan ibu, namun untuk memenuhi kebutuhan janin yang berada dalam kandungan. Tanpa disadari porsi makan berlebihan itu dapat menyebabkan kelebihan berat badan saat hamil. 

Dan perlu diketahui, kenaikan berat badan yang terlalu tinggi di luar batas normal tersebut dapat memicu hal  pada janin. Untuk itu, sebaiknya anda melakukan hal berikut untuk mengatasinya. 

Tips Mengatasi Kelebihan Berat Badan Saat Hamil

Olahraga ringan

Ibu hamil bukan berarti tak diizinkan untuk olahraga. Meskipun kondisinya terbilang rentan (khususnya untuk yang hamil muda) namun nyatanya olahraga ini sangat bermanfaat. Baik itu untuk kesehatan ibu maupun janinnya. Tapi tentunya olahraga disini bukan olahraga yang terlalu menguras tenaga atau yang ekstrim. Olahraga yang ringan-ringan saja, misalkan jalan di tempat, berenang, dan sejenisnya. Untuk detailnya, anda bisa browsing video di youtube mengenai jenis olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Konsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil

Cara selanjutnya untuk mengatasi kelebihan berat badan saat hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, yang dianjurkan oleh bidan atau dokter anda. Makanan yang sehat yang dimaksud disini tentunya bukan hanya baik untuk ibu hamil, namun juga baik untuk sang janin.
Banyak sekali jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Milai dari sayuran, susu rendah lemak, buah-buahan segar, yogurt, makanan yang kaya akan asam folat, dan sebagianya. Dan jangan lupa, sebaiknya makanan yang dikonsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Hindari mengkonsumsin makanan instan

Semua jenis makanan instan hingga makanan ringan idealnya tak dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah berlebihan. Sebab makanan instan yang dikonsumsi berlebihan membuat berat badan membengkak melebihi batas yang dianjurkan. Memang diperbolehkan mengkonsumsi camilan untuk meminimalisir rasa mual yang terjadi. Namun dengan catatan, camilan tersebut, dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.
Perlu diketahui, berbagai jenis bahan yang terdapat pada makanan instan seperti bahan perasa makanan, bahan pengawet makanan, bahan pemanis buatan serta bahan kimia lain yang bisa memicu hal buruk  bagi ibu hamil, khususnya terkait perkembangan janinnya.

Mengontrol berat badan di awal kehamilan

Secara umum kelebihan berat badan saat hamil yang baik seharusnya terjadi pada waktu trimester kedua hingga ketiga. Sebab, hal ini sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan Anda. Jadi, bila anda mengalami kelebihan berat badan di saat usia kehamilan belum mencapai trismester pertama, maka anda harus hati-hati.
Sebaiknya cegah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi, serta menerapkan pola hidup sehat. untuk lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menangani anda.

Saat masuk pada trimester pertama, kemungkinan besar hampir semua bumilmengalami yang namanya morning sickness. Yaitu suatu kondisi yang membuat ibu hamil merasa mual, tidak nafsu makan, dan sejenisnya. Sehingga tak jarang, diawal kehamilan, kondisi kesehatan bumil kurang bagus (kurang nutrisi), ditandai dengan berat badannya yang dalam kondisi dibawah ideal.
Solusinya bagaimana? Sebaiknya bumil makan dalam porsi sedikit saja, namun dengan frekuensi yang sering. Pilih makanan yang anda sukai, namun yang baik untuk janin dan kesehatan anda.
Nah itulah diatas beberapa tips dalam mengatasi kelebihan berat badan pada ibu hamil. Ibu hamil memiliki berat badan berlebih adalah wajar, namun tetap harus sesuai dengan batas yang dianjurkan.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat