5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari


Pastinya, memiliki bentuk tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. Dan tentunya dengan tubuh ideal, bukan hanya sedap dipandang, namun juga bisa membuat kita  lebih sehat serta bugar dalam menjalani setiap aktivitas.

Namun sayangnya,memiliki tubuh yang ideal bukanlah hal yang mudah. Selain harus menerapkan pola hidup sehat, melakukan olahraga secara teratur, kita juga dituntut untuk melakukan diet.
Dan sebagaimana yang kita tahu, melakukan diet  bukan perkara gampang. Tak sedikit orang yang akhirnya menyerah, karena diet yang dilakukan selalu gagal.


Apa yang menyebabkan diet gagal?

Kebanyakan orang melakukan diet dengan cara yang tidak tepat, sehingga membuat mereka gagal. Nah, untuk mencegah hal tersebut, bagi anda yang ingin menjalani diet, sebaiknya simak ulasan mengenai penyebab diet gagal berikut ini, sebagai bahan referensi.

Sering melewatkan sarapan

Jangan salah ya ladies. Diet bukan berarti tidak makan, tetapi pola makan yang harus dijaga dengan memperhatikan porsi makan dan waktu yang baik untuk makan. Apalagi sampai melewatkan sarapan pagi. Padahal sarapan pagi sangat penting untuk menambah stamina sebelum melakukan aktivitas. Selain itu, sarapan pagi ternyata juga ikut berpengaruh dalam menjaga tubuh, karena kebanyakan orang yang melewatkan sarapan pagi akan makan lebih banyak di siang hari. Dan pastinya hal ini jika berlangsung terus menerus bisa membuat diet menjadi gagal.


Tidak memilih makanan yang tepat

Jangan hanya memperhatikan porsi makan saja selama menjalani diet. Idealnya juga harus memilih makanan yang memenuhi gizi seimbang untuk tubuh. Jadi, boleh saja kok makan sepuasnya, asalkan makanan yang rendah lemak dan karbohidrat.


Sering begadang dan ngemil dimalam hari

Memiliki pola hidup yang sehat juga berpengaruh pada kesuksesan program diet yang dilakukan. Jadi sangat penting untuk memperhatikan makanan apa yang harus dimakan, memperhatikan waktu yang tepat untuk makan dan batas waktu untuk makan. Usahakan jangan makan terlalu larut malam. Dan tidurlah 2 hingga 3 jam setelah makan. Jangan langsung tidur setelah makan karena makanan belum tercerna dengan sempurna.


Kebiasaan bergadang juga dapat mengganggu program diet yang dilakukan. Biasanya ketika  begadang perut akan terasa lapar, sehingga seringkali tanpa disadari kita mengkonsumsi camilan, yang nyatanya kebiasaan ini justru membuat diet menjadi gagal.

Tidak menjaga asupan yang seimbang

Nah, diet bukan hanya memperhatikan seberapa banyak asupan makananaatau jenis makanan yang dikonsumsi, tetapi juga ritme atau jadwal makannya. Hindari  makan banyak sekaligus. Jadi harus teratur, misal saat pagi, makanlah dengan jumlah karbohidrat dan protein yang seimbang. Begitu juga saat siang hari. Intinya, jangan sampai nutrisi yang masuk ditubuh tidak sama.

Terlalu fokus memikirkan asupan makanan, tapi melupakan olahraga

Hal terakhir yang sangat penting adalah olahraga. Seringkali  orang hanya fokus pada makanan yang dikonsumsi. Tanpa mempedulikan olahraga. Padahal olahraga ini punya peran penting dalam menyukseskan program diet yang dilakukan.  Jadi, sebagus apapun anda mengatur pola makan, tapi bila tak diimbangi dengan olahraga yang teratur maka besar kemungkinan diet yang dilakukan akan gagal. Tak harus olahraga berat kok, cukup olahraga yang ringan saja, seperti melakukan jalan santai saat pagi hari, lari di sekitar rumah, dan sebagainya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan, yang menyebabkan program diet gagal. Anda tak ingin seperti itu bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat