Beragam Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita


Pastinya, menikah dan bisa cepat hamil adalah dambaan sebagian besar pasangan yang baru saja menikah. Sehingga, untuk mencapai hal tersebut, banyak cara yang akan dilakukan tiap pasangan dalam meningkatkan kesuburan wanita dan pasangan. Nah, untuk itu pada kesempatan ini kami akan bagikan informasi mengenai  berbagai hal yang bisa meningkatkan kesuburan wanita. Langsung saja silahkan disimak.

Berbagai Cara Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita


     Makan dengan baik

Kecukupan nutrisi yang baik tentunya memperbesar peluang wanita untuk hamil. Karena itu pastikan anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, seng, vitamin C, dan vitamin D dalam makanan yang anda konsumsi, karena kekurangan nutrisi ini dikaitkan dengan siklus menstruasi yang diperpanjang yang bisa mengganggu kesuburan wanita serta risiko keguguran dini yang lebih tinggi. 


Dan pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging, ikan, produk susu rendah lemak, telur, dan kacang-kacangan.

     Hindari Minuman Ini

Alkohol mengubah kadar estrogen, yang dapat mengganggu proses pembuahan. Minuman tinggi kafein juga perlu dipertimbangkan saat anda berencana untuk hamil dan selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa kafein mempengaruhi kadar hormon wanita, juga dapat mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil. Kopi, cola dan minuman yang tinggi kafein perlu anda kurangi.

    Perhatikan Masalah Tempat Kerja

Radiasi, nitrous oxide, bahan bakar jet, dan bahan kimia industri umum tertentu dapat mengganggu siklus haid dan menurunkan kesuburan wanita. Sehingga anda perlu hati-hati jika memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan bahan tersebut. 

Selalu gunakan alat pelindung diri jika bekerja di lingkungan dengan bahan kimia tertentu. Rotasi kerja yang bergilir juga dapat mempengaruhi kesuburan.

    Jangan Merokok

Rokok tidak hanya merusak sel telur wanita, mengganggu proses pembuahan dan implantasi, tapi juga menyebabkan ovarium menua.

     Kenali Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi normal berlangsung sekitar 21 sampai 35 hari. Periode kesuburan wanita biasanya merupakan hari ovulasi dan empat dari lima hari sebelumnya, tidak setelahnya. Untuk menentukan masa subur, anda bisa menggunakan alat uji ovulasi berbasis urin atau air liur dapat anda gunakan. Kedua tipe tersebut memeriksa adanya hormon yang mengindikasikan ovulasi sudah dekat. Anda juga bisa mencatat perubahan harian pada suhu tubuh basal anda.


    Hindari Stress

Stres bisa menghambat kesuburan. Sebuah penelitian di Amerika yang dilansir parents.com yang diikuti oleh 401 pasangan yang mencoba untuk hamil menemukan bahwa wanita dengan kadar alpha-amilase tertinggi, penanda stres, memiliki probabilitas kehamilan sebesar 29 persen lebih rendah daripada wanita dengan tingkat biomarker stres terendah. Para ahli menduga bahwa stres, seperti olahraga berat, dapat membuang produksi hormon tubuh, membuat siklus haid kurang dapat diandalkan. Tapi belajar mengelola stres melalui teknik relaksasi (seperti meditasi atau yoga).

    Perhatikan Berat Anda

Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon tertentu yang mengganggu pembuahan. Siklus menjadi kurang teratur, sehingga berovulasi lebih jarang, dan menurunkan kesempatan untuk hamil. Di sisi lain, terlalu sedikit lemak tubuh berarti tubuh berpotensi mungkin tidak menghasilkan cukup hormon untuk berovulasi setiap bulan atau untuk mempertahankan kehamilan jika hamil. Olahraga bisa membantu mempertahankan berat badan yang sehat.


   Tingkatkan frekuensi hubungan

Satu-satunya cara untuk memperoleh pembuahan  adalah dengan melakukan hubungan seks dengan pasangan. Lakukan seks secara rutin dihari-hari masa subur. Sampaikan kepada pasangan anda untuk menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu kesuburan.

Itulah diatas beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Nah, untuk anda yang bermasalah dengan kesuburan, segera terapkan tips diatas.

Comments

Popular posts from this blog

5 Penting Penyebab Diet Gagal yang Jarang Disadari

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Ini, Jika Ingin Cepat Hamil

Lakukan 5 Cara ini Agar Larimu Bisa Secepat Kilat